Promotion Day Satudarah Maluku MC Asia

  • Share

Pelantikan anggota baru dalam suatu komunitas motor menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh calon anggota. Bahkan untuk masing-masing komunitas mempunyai nama sendiri dalam melakukan prosesi pelantikan.

Begitu juga dengan komunitas Satudarah Maluku Jakarta Chapter yang melakukan pelantikan Prospect Member dan Full Color Member, dengan nama Promotion Day. Sebelumnya Prospect Member dan Full Color Member terlebih dahulu wajib menjalani prosesi ritual sakral untuk mencapai level ini. Tidak mudah untuk masuk Promotion Day, karena dibutuhkan proses waktu yang panjang ,kesabaran, keikhlasan yang dilandasi rasa kebersamaan dan persaudaraan.

banner 336x280

Karena begitu sakralnya kegiatan Promotion Day yang digelar Satudarah Maluku Jakrta Chapter selama dua hari di Cisarua, Bogor (12-13/04) dihadiri oleh seluruh chapter Satudarah Maluku MC di ASIA yaitu, Jakarta Chapter, Depok City Chapter, Bali Prospect Chapter, Bogor City Prospect Chapter, Sothgate Chapter, Eastgate Chapter, Midwest Prospect Chapter, Kuala Lumpur Prospect Chapter (Malaysia), Sinners Prospect Chapter (Singapore) dan Koh Samui Prospect Chapter (Thailand).

Acara Promotion day dimulai dengan Program Kumpul Basudara rutin di masing-masing Chapter pada Jumat malam (11/04). Seperti di Club House SMC Jakarta Chapter di Bintaro, Jakarta Selatan. Kemudian berangkat menuju Club House SMC Bogor City Prospect Chapter di Bogor, Jawa Barat, untuk bersama menuju Cisarua.

Kegiatan Promotion Day sendiri dikemas penuh kekeluargaan seperti coffe morning, meet and greet, hiburan dan pembekalan tips-tips beladiri yang dipandu oleh member Satudarah Maluku MC,Tiger Riders Club dan instruktur.
Tiger Riders Club (TRiC),pada Promotion Day kali ini diberikan kesempatan untuk melakukan ritual sakral khas SMC tersebut. Dimana saat ini TRiC adalah satu-satunya klub yang menjadi Alliance Satudarah Maluku MC di Indonesia dan Asia. Saat ini TRiC memiliki beberapa Chapter seperti Eastern, Western, Northern, Southern dan Outside Chapter.

Tercatat 17 anggota prospect TRiC mengikuti ritual khas Satudarah Maluku MC untuk dikukuhkan menjadi Full Member TRiC. Suatu pengalaman baru yang penuh emosional, haru dan bangga campur menjadi satu. Sangat terasa arti persaudaraan yang nyata. Filosofi ‘Ale Rasa, Beta Rasa’ itu benar-benar dirasakan nyata ditengah-tengah semua Board, member dan prospect TRiC yang hadir pada saat itu.

Suatu nilai lain yang diadapati dari ritual ini adalah, budaya leluhur Maluku, ‘Satu rasa,satu Gandong’ yang sudah ada sebelum kaum kolonial penjajah memasuki bangsa Indonesia. Budaya yang masih sangat kental dan bertahan hingga saat ini. Dijalankan oleh anak-anak muda Maluku yang berada di Eropa yang nota bene mereka dilahirkan dan dibesarkan di negeri orang tetapi adat istiadat dan budaya Maluku yang sangat “Indonesia” itu tetap mengalir dalam jiwa dan darah mereka begitu kental.

Promotion Day yang dimotori oleh Satudarah Maluku MC Jakarata Chapter ini juga dilakukan serentak bersama seluruh Chapter Satudarah Maluku MC di seluruh dunia,dimana Satudarah Maluku MC sendiri bermarkas di Belanda. Budaya Maluku Satu Gandong adalah memandang semua manusia adalah sama tidak membedakan suku, ras, golongan,agama,maupun jabatan.

Puncak Promotion Day adalah pengukuhan Kuala Lumpur prospect Chapter menjadi Satudarah Maluku MC Malaysia Chapter. Penyematan Pacth full colour kepada semua prospect TRiC disaksikan oleh President Chapters di Asia, Board Satudarah Maluku MC dan Tiger Riders Club serta Nomad SMC Asia.

“Apa yang terjadi dan dialami basudara samua, TRiC dan Satudarah Maluku MC memiliki rasa persaudaraan yang tinggi, anti diskriminasi suku ras dan agama. Selalu ingat bahwa seluruh bangsa di dunia memiliki darah yang sama yaitu merah, jadi seluruh bangsa adalah satu darah”, ujar Mr. Marsyel Ririhena selaku President Satudarah Maluku Jakarta Chapter.

“Pain is Temporary.Pride are forever. The hardest, the sweetest, the victory. Proud to have all of you as our Brothers in Satudarah Maluku MC”, pesan Mr. Adzani Dompas Selaku Sergeant At Arms ASIA (SGT ASIA)kepada seluruh member baru TRiC yang baru melaksanakan ritual Promotion Day.

Pada penghujung acara ini, semua keluarga besar Satudarah Maluku MC dan TRiC menyatu dalam satu lingkaran dan bersama-sama menyanyikan lagu ‘Hena Masa Waya’ dan‘Gandonge’ sambil bergandengan tangan satu sebagaiungkapan rasa syukur dan kebersamaan.

banner 336x280
Hosting Unlimited Indonesia
  • Share
Cloud Hosting Indonesia